Kali ini saya akan membahas tentang komponen utama pada sistem starter konvesional dan cara perawatan atau perbaikan sisterm starter, oke langsung saja simak uraian berikut.
1. KUMPARAN MEDAN (FIELD COIL)
Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah lurus dan mendatar
1. KUMPARAN MEDAN (FIELD COIL)
Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah lurus dan mendatar
2. KUMPARAN JANGKAR (ARMATURE)
Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah melingkar
3. RANGKAIAN SIKAT DAN SIKAT
Fungsi : sebagai tempat kedudukan sikat
positif dan negatif dan juga untuk menghantarkan arus listrik pada komutator
4. SWITCH STARTER
Fungsi : Untuk menghubung dan memutuskan arus litrik yang mengalir pada pada rangkaian
Terdapat 3 Terminal pada switch starter yaitu : 30, 50 dan C
dan juga terdapat dua buah gulungan utama yaitu : Pull in Coil
dan Hold in Coil
CARA KERJA SISTEM STARTER DALAM RANGKAIAN
Ketika kunci kontak di ON kan, arus listrik dari baterai
mengalir melewati rangkaian sikring lalu ke terminal 50 dari switch starter.
bersamaan dengan itu ada pula sebagian arus listrik yang mengalir
ke terminal 30 dari switch starter yang dapat menimbulkan kemagnetan dari
kumparan Pull in Coil dan Hold in Coil dari switch starter yang menarik plunyer
switch starter sehingga drivel lever mendorong kopling dan pinion gear ke fly
wheel gear
PERAWATAN
DAN PERBAIKAN SISTEM STARTER
1. LAKUKAN PENGUKURAN PADA KUMPARAN JANGKAR (ARMATURE)
a. Pengukuran komutator hubungan terbuka
a. Pengukuran komutator hubungan terbuka
Jika terdapat hubungan, maka armature baik namun jika tidak
terdapat hubungan maka kontinuitas armature putus
b. Pengukuran komutator hubungan masa
Jika tidak terdapat huungan maka armature baik, namun jika
terdapat hubungan maka kontinuitas armature bocor
2. LAKUKAN PENGUKURAN PADA FIELD COIL
c. Pengukuran sirkuit Field Coil hubungan terbuka
Jika terdapat hubungan maka field coil baik namun jika tidak terdapat hubungan maka continuitas field coil putus
d. Pengukuran sirkuit Field Coil hubungan massa
Jika tidak terdapat hubungan maka field coil baik namun jika terdapat hubungan maka continuitas dari field coil bocor.
3. LAKUKAN PENGUKURAN PANJANG SIKAT DAN RANGKAIAN SIKAT
Panjang sikat yang diukur tergantung dari tipe starter yang di
gunakan oleh kendaraan masing-masing namun jika sikat masih panjang dan
kondisinya masih baik (belum aus dan rompal) tidak perlu diganti
Pada Pengukuran isolasi sikat seharusnya tida ada hubungan namun
jika ada hubungan maka rangkaian sikat harus di ganti
4. LAKUKAN PEMERIKSAAN STARTER CLUTCH DAN PINION GEAR
KERUSAKAN - KERUSAKAN MOTOR STARTER
1. Rangkaian sikat dan sikat sudah aus atau putus
2. Kumparan switch starter rusak
3. Kumparan Field Coil Bocor atau putus
3. Sepatu kutub terbakar
3. Sikring putus
4. Baterai sudah aus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar