Pernahkan Anda merenungkan bagaimana energi alam ini diolah, dikonversikan, kemudian dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidup umat manusia? Banyak sekali sumber energi di alam ini telah dikembangka n sejak zaman dahulu sampai saat ini untuk tujuan tersebut, misalnya sumber energi yang dapat diperbarui atau tidak dapat diperbarui.
Seperti itu juga, sistem tenaga penggerak kendaraan dibuat dan dikembangkan untuk didistribusikan ke bagian roda penggerak dan sistem penggerak lainnya. Sistem yang dimaksud adalah unit final drive/gardan. Penggunaan kendaraan yang terus menerus akan memengaruhi fungsi kerja bagian-bagian sistem penggeraknya. Salah satunya sistem unit final drive/gardan.
Oleh karena itu simaklah uraian materi berikut dengan saksama!
》Unit Final Drive atau Gardan
Salah satu bagian dari sistem pemindah tenaga pada kendaraan adalah unit final drive atau diferensial. Bagian ini juga dikenal dengan istilah gardan. Unit final drive adalah bagian dari unit power train yang berfungsi untuk menggerakkan roda belakang atau roda depan, dan untuk menaikkan momen putar, atau untuk meneruskan tenaga putar dari propeller shaft ke poros penggerak roda
Fungsi diferensial/gardan pada kendaraan sebagai berikut.
1. Mengubah arah putaran mesin
Sebagaimana diketahui bahwa posisi mesin pada mobil yang menggunakan poros propeller memiliki posisi mesin yang memanjang ke depan. Sehingha arah putaran dari flywheel menjadi tidak searah dengan arah putaran roda. Untuk mengatasi hal tersebut, maka gardan inilah yang membuat arah putaran mesin menjadi searah denga n arah putaran roda, yaitu maju ke depan.
2. Memperbesar momen
Momen adalah tenaga putaran dari sebuah benda yang berputar. Putaran poros engkol mempunyai tenaga atau momen. Tenaga dari suatu benda yang berlutar dengan cepat adalah kecil, sedangkan tenaga dari benda yang berputar lambat adalah besar. Untuk itu, gardan berfungsi memperlambat kecepatan putaran dari poros engkol tersebut, sehingga tenaga putar atau momen menjadi besar dan mobil dapat bergerak atau berjalan.
3. Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat membelok
Pada saat mobil berbelok, putaran roda bagian dalam cenderung lebih lambat daripada roda bagian luar. Hal ini dimaksudkan agar mobil dapat berbelok dengan baik dan tidak slip. Jika kedua roda antara yang kiri dan kanan selalu sama, maka mobil tak akan membelok. Disinilag gardan membuat putaran roda kiri dan kanan tidak sama, sehingga mobil dapat membelok dengan baik.
Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan. Jangan lupa dishare.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar